Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Saat Membuat dan Menerbangkan Layangan

Halo apakabar semua pecinta layangan di manapun kalian berada, blog si pecinta layangan amir-silangit kali akan membahas kesalahan kesalahan fatal saat membuat layangan. Sebelumnya saya juga sudah membuat artikel tentang penyebab layangan terbang miring dan muter, silahkan di pelajari.  Dan pada kali ini saya ingin menuliskan lagi tips dalam membuat layangan agar kalian semakin mahir dalam membuat layangan yang anteng dan terbang mulus, pahami setiap point point nya ya..

Ada banyak point yang sering sekali di lakukan dalam membuat rangka layangan, misal :

1 Rangka yang terlalu kaku

Rangka yang terlalu kaku akan membuat layangan terbang muter muter atau miring miring. Rangka yang terlalu kaku tidak bisa menyeimbangkan angin saat terbang di angkasa sehingga membuat layangan tidak bisa menerima angin dengan baik dan berakibat layangan akan terbang muter muter atau miring miring. Dalam membuat rangka layangan, usahakan bisa meng-ira ira dengan lebar layangan. Jika layangan yang akan kita buat berukuran 1 meter maka pada ruas tengah sayap, ukuran ketebalan rangkanya berkisar 3.5 sampai 4 mm ( millimeter bukan sentimeter ), sedangkan  tepinya berkisar 2 mm saja sudah pas.


Jangan sampai ketebalan ruas tengah terlalu tebal sehingga kaku, juga tepinya yang menjadi focus nekuk sayap tidak boleh tebal atau kaku juga, pada tepi di usahakan harus lebih tipis di banding ruas tengah sayapnya karena sebagai tempat menerima angin.

2 Ukura tinggi sayap terlalu lebar dan tebal
Tinggi sayap yang terlalu lebar bisa berakibat layangan terbang muter, terlebih lagi jika rangkanya kaku atau tebal. Untuk ukuran layangan sendaren 1 meter, tinggi sayapnya bisa berkisar 23 – 26 cm itu sudah bagus, sudah pas. Jika layangan memiliki tinggi sayap yang terlalu lebar maka bisa berakibat layangan terbang muter muter karena sayap kurang bisa menerima angin untuk mengimbanginya.

3 Rangka layangan terlalu tipis
Rangka layangan yang terlalu tipis juga tidak di anjurkan karena layangan tidak kuat menerima angin, layangan akan kalah dan lama lama malah turun dari terbangnya atau bahkan muter muter atau miring  karena tidak bisa menerima angin besar. Ibarat manusia yang membawa beban terlalu berat maka tidak bisa mengangkatnya, juga dalam hal membuat layangan pun seperti itu.
4 Nekuk sayapnya tidak sama.
Mungkin hal ini yang paling sering di lakukan dalam membuat layangan, terutama bagi pemula. Untuk penjelasan lebih pada poin 4 ini baca artikelnya di tips cara membuat kerangka layangan. Nekuk sayap yang tidak sama sudah pasti layangan tidak bisa terbang anteng  dan tenang, itu di karenakan angin hanya berfokus pada sayap yang lebih nekuk sehingga membuat sayap tidak bisa menyeimbangkan dengan sayap yang satunya dan berakibat layangan terbang muter muter. 

Pada saat meraut rangka, gunakan pisau yang sekiranya pas di tangan, tidak terlalu besar karena berat di sehingga tangan sulit menyeimbangkan dengan gerak tangan karena terlalu lelah, juga jangan terlalu kecil karena sulit untuk meraut. Gunakan pisau ukuran sedang saja, tidak terlalu besar juga  kecil tapi sedang. Menurut pengamatan saya selama ini dalam membuat layangan, pisau yang terlalu besar atau terlalu kecil tidak bagus untuk membuat rangka layangan karena tangan sulit menyeimbangkan gerak tangan saat meraut, gunakan pisau yang sedang saja.

Selain tips ini, sebelumnya saya juga sudah membuat artikel sejenis tentang cara membuat tali timba layangan yang juga merupakan salah satu faktor penentu terbangnya layangan, juga tips lain yang sejenis di cara agar layangan tidak miring miring atau mute muter.

Membuat layangan itu sebenarnya mudah, hanya butuh ketekunan saja, jika kita mau belajar dan belajar terus maka dengan cepat kita bisa menguasainya. Terlebih jika kita belajar melalui video cara membuat layangan yang saya upload di youtube. Ada dua bagian pada video ini, yaitu pada bagian pertama saya mengajarkan cara membuat kerangkanya, dan yang kedua cara menyamaknya. 

Tapi maaf sebelumnya, video yang saya buat masih terlihat sangat amatiran, editingnya masih sangat sederhana, maklum, belum belajar editing video professional, namun kedepan akan saya tingkatkan supaya bisa mencapai pemahaman yang  mudah.

Bagi kalian yang baru ingin belajar membuat layangan, baca artikel cara membuat layang layang yang sudah lama saya buat, bagi kalian yang juga ingin ilmu lebih cara membuat layangan, baca artikel ebook lengkap cara membuat layangan, jika ingin membeli layangan langsung yang sudah jadi, pesan layangan sekarang juga.

Singkat kata, terimakasih sudah membaca artikel sederhana ini, semoga bisa membantu, sampai jumpa di atikel berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Saat Membuat dan Menerbangkan Layangan"

Posting Komentar